Tips Dan Trik

Amerika Serikat Peduli Pendidikan Lingkungan Leuser

Gunung Leuser, Aceh/dok: google
Medan -  Pemerintah Amerika Serikat menyediakan dana hibah senilai 25 ribu dolar AS untuk program pendidikan lingkungan hidup bagi anak-anak dan komunitas di sekitar ekosistem Leuser, Provinsi Aceh.

Deputi Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Trevor Olson di Medan, Jumat [20/09], mengatakan proyek tersebut akan menanamkan pemahaman tentang berharganya lingkungan hidup bagi siswa yang nantinya akan membantu mereka melestarikan ekosistem Leuser. “Program pendidikan lingkungan hidup ini melengkapi usaha pelestarian lingkungan Amerika Serikat lainnya di Sumatera yang bernilai lebih dari 20 juta dollar AS,” katanya.

Program yang dijalankan dengan menggandeng Yayasan Leuser Internasional (YLI) tersebut dilaksanakan di beberapa kabupaten di Aceh seperti Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara dan Kota Subulussalam.

Sebagai bagian dari program ini, para siswa akan membentuk Eco-Club sebagai forum yang ideal untuk membahas isu lingkungan setempat dan mereka akan meyakinkan orang tua serta lingkungan desa mereka akan pentingnya ekosistem dan pelestariannya.

“Para guru yang telah mendapatkan pelatihan dan memiliki kepedulian lingkungan akan mengkoordinir Eco-club, menggunakan buku ajar khusus tentang lingkungan hidup yang diterbitkan oleh YLI dan diakui oleh Pemerintah Propinsi Aceh,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, program tersebut juga melengkapi banyak program yang telah dilaksanakan Amerika Serikat untuk pelestarian lingkungan di Sumatera.

Perjanjian pengalihan utang untuk alam di bawah UU konservasi hutan tropis AS Tropical Forest Conservation Act (TFCA) antara pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia menyediakan dana 20 juta dolar AS kepada organisasi-organisasi yang melakukan pelestarian hutan di area ini.

Usaha serupa yang didanai pemerintah AS termasuk beberapa program yang dikelola oleh USAID dan U.S. Fish and Wildlife Service, bertujuan untuk melindungi spesies unik di Sumatera serta hutan sebagai habitatnya, yang sangat penting demi kelangsungan hidup spesies tersebut.

Ekosistem Leuser merupakan habitat bagi beberapa spesies terakhir yang perlu didukung pelestariannya, seperti untuk satwa Gajah Sumatera, Harimau Sumatera dan Orangutan Sumatera. (ant )

Sumber: beritasore.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Design By: Keude.Net | Support | CSS
Copyright © 2013. www.Aceh.us - menerima kiriman tulisan dan foto melalui email : Acehinfocom@yahoo.com
Pedoman Media Siber
INFO IKLAN